5 Inovasi Temuan Anak Bangsa untuk Mengatasi Masalah Lingkungan

5 Inovasi Temuan Anak Bangsa untuk Mengatasi Masalah Lingkungan
5 Inovasi Temuan Anak Bangsa untuk Mengatasi Masalah Lingkungan

Di era modern seperti saat ini, generasi muda Indonesia tidak boleh lengah. Anak-anak bangsa merupakan aset generasi muda yang harus bisa mengatasi tantangan-tantangan baru. Salah satu tantangan baru yang sedang marak adalah bahwa bumi kita sedang mengalami krisis lingkungan yang diakibatkan oleh global warming. Sebagai generasi muda yang kreatif dan inovatif, ternyata banyak masalah lingkungan yang dijadikan inspirasi dari banyak temuan karya anak bangsa. Ada yang menjadikan polisi tidur sebagai penghasil energi listrik. Ada yang menciptakan kantong plastik dari biji durian. Bahkan ada yang menciptakan pengharum ramah lingkungan dari kotoran sapi. Sangat membanggakan dan kreatif, inilah 15 inovasi temuan anak bangsa untuk mengatasi krisis lingkungan.;

1. A.S.A.P untuk menyaring udara kotor

http://klikbandar88.com/?ref=004567

A.S.A.P atau Automatic Sedot Asap Polusi merupakan hasil temuan dari Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dari Universitas Brawijaya Malang. A.S.A.P merupakan alat penyedot polusi udara dengan bantuan sensor khusus untuk mendeteksi gas karbon monoksida, asap, serta suhu udara yang ada. A.S.A.P ini bukan hanya mampu mengurangi polusi, tapi juga ramah lingkungan karena menggunakan panel tenaga surya untuk menjalankan tugasnya.

 

2. Lemari es tanpa listrik

http://klikbandar88.com/?ref=004567

SIswa SD bernama Arya dan Sanika berhail mendapat juara ketiga dalam World Creativity Festival Korea Selatan karena temuan hebatnya tentang lemari es tanpa listrik. Temuan ini adalah menggunakan bahan sederhana seperti pasir, air dingin, dan stereofoam. Pemilihan pasir adalah karena sifat alaminya yang dapat mempertahankan suhu.

3. Polisi tidur untuk pembangkit listrik

http://klikbandar88.com/?ref=004567

Siapa yang tidak mengenal polisi tidur? Adalah bagian dari perjalanan untuk menghambat laju kendaraan yang terlalu cepat. Jika kebanyakan orang akan menghindari polisi tidur, tidak dengan empat mahasiswa dari Universitas Brawijaya ini. Mereka telah mengembangkan Potret yang merupakan singkatan dari “Polisi Tidur Penghasil Energi Terbarukan”. Mereka membuat sebuah alat untuk menghasilkan tenaga listrik dari polisi tidur.

4. Kapal tenaga surya

http://klikbandar88.com/?ref=004567

ITS memiliki tim Marine Soal Boat (MSB) yang berhasil menciptakan kapal tenaga surya. Kapal ini sempat menjadi peserta di Dutch Solar Challenge di Belanda pada tahun 2016 lalu. Pengujian selama 10 kali dilakukan pada kapal ini untuk mengetahui sebatas mana kapal mampu bertahan. Nama kapal keren ini adalah Jalapatih 1.

5. Lampu bakteri seumur hidup

http://klikbandar88.com/?ref=004567

Ada lagi temuan unik dalam bidang penerangan. Namun kali ini lampu yang diciptakan bukan hanya lampu hemat energi, melainkan lampu tanpa energi. Lampu yang diciptakan oleh mahasiswa UB ini hanya mengandalkan bakteri untuk memberikan cahayanya. Lampu ini bahkan disebut sebagai lampu seumur hidup. Temuan ini menggunakan bakteri dari tubuh cumi-cumi yang namanya adalah bakteri Bioluminescene.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*