5 Perbedaan Kenari Jantan Dan Betina dari Fisik Berdasarkan Umur

Klikbandar88- Perbedaan Kenari Jantan dan Betina – Kenari (Sanarius canaria) awalnya merupakan jenis burung liar yang ditemukan oleh pelaut Prancis, Jean de Berthan Cout pada abad ke 15 di kepulauan Canary. Burung mungil ini memiliki bulu dengan warna yang indah, serta kicauan merdu yang khas, nyaring, dan panjang. Saat ini, burung kenari telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Dengan penampilan fisik yang indah dan kicauannya yang merdu, hobi masyarakat untuk mulai memelihara dan membudidayakannya semakin tinggi, termasuk di Indonesia.

Hobi memelihara burung kenari yang kian populer memunculkan banyak sekali jenis burung kenari hasil persilangan, salah satu yang kini tengah nge-trend misalnya adalah kenari Yorkshire. Dengan warna kuning keemasan, ditambah suara merdu yang ngacor dan ngeroll, jenis kenari ini telah menjadi buruan di kalangan pehobi burung tanah air. Perbedaan Kenari Jantan Dan Betina Kenari memang burung dengan kicauan yang indah. Akan tetapi, tidak semua kenari memiliki sifat demikian. Dari jenis kelaminnya saja, kualitas kicauan kenari sering kali sudah berbeda.

Fakta menyebutkan bahwa kenari jantan umumnya memiliki kicauan yang lebih ngacor dan ngeroll dibandingkan dengan kenari betina. Oleh karena itu, jika Anda termasuk pemula dalam hobi ini, ketahuilah bagaimana cara membedakan kenari jantan dan kenari betina, baik dari segi fisik maupun dari umurnya agar Anda tidak kecewa karena memperoleh kenari betina yang kualitas kicauannya rendah. Berikut adalah penjelasan tentang perbedaan antara kenari jantan dan betina untuk dapat Anda pahami.

1. Perbedaan saat Usia 3-5

Hari Kita dapat membedakan jenis kelamin kenari bahkan sejak beberapa hari setelah ia menetas, tepatnya setelah 3-5 hari. Pada usia tersebut, perbedaan kenari jantan dan betina dapat dilihat dari ukuran tubuh dan bagian perutnya. Ukuran tubuh kenari jantan umumnya lebih besar dibandingkan kenari betina. Sementara pada bagian perutnya, kenari jantan umumnya memiliki pembuluh vena (saluran kelamin jantan) menuju ke kloaka (dubur), sedangkan pada kenari betina pembuluh ini tidak ada.

2. Perbedaan saat Usia 7-10 Hari 

Pada usia 7-10 hari, anakan kenari telah memiliki bulu dengan warna yang mulai nampak. Kenari jantan umumnya memiliki warna bulu lebih cerah dibandingkan dengan kenari betina (pada bagian kepala). Dan jika lebih dicermati, bentuk kepala kenari jantan lebih pipih, sedangkan bentuk kepala kenari betina lebih bulat.

3. Perbedaan saat Usia 2-3 Minggu

Bagi pecinta burung, kicauan adalah faktor utama yang paling dipertimbangkan saat memilih burung, terlebih jika burung tersebut akan ikutkan dalam kompetisi. Perbedaan kenari jantan dan betina saat masih anakan juga bisa diketahui dari faktor kicauannya ini. Kenari jantan umumnya lebih aktif berkicau, sedangkan anakan betina cenderung diam.

Selain atas dasar kicauannya, kita juga dapat mengetahui perbedaan kenari jantan dan kenari betina pada usia 2-3 minggu dari lompatannya. Lompatan anakan kenari jantan umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan lompatan anakan kenari betina.

4. Perbedaan saat Lebih dari1 Bulan 

Perbedaan kenari jantan dan betina juga dapat dilihat dari kloaka atau dubur. Kloaka kenari jantan agak menonjol sedangkan kloaka kenari betina datar. Akan tetapi perbedaan ini hanya dapat diketahui jika usia kenari tersebut lebih dari 1 bulan.

5. Perbedaan saat Kenari Dewasa 

Untuk membedakan jenis kelamin pada kenari dewasa, kita bisa melihat dan memperkirakan dari bentuk tubuhnya. Bentuk tubuh kenari jantan lazimnya lebih ramping dan panjang, sedangkan bentuk tubuh kenari betina lebih bulat.

Pada usia ini, kita juga bisa mengidentifikasi jenis kelamin burung dari matanya. Mata burung kenari jantan biasanya terletak sejajar dengan paruhnya, sedangkan mata betina tidak sejajar dengan paruhnya (lebih ke atas).

Nah, demikian pemaparan kami mengenai ciri-ciri dan perbedaan kenari jantan dan betina. Untuk pemula, sebaiknya beli saja burung kenari di pasar burung karena harganya relatif murah. Tapi jangan terlalu berharap untuk mendapatkan kenari dengan warna yang bagus, sebab penjual umumnya akan memisahkan kenari dengan warna yang indah untuk dihargai lebih tinggi. Sedangkan untuk mendapatkan kenari jantan di pasar, cukup lihat saja dari ciri-ciri dan perbedaan fisiknya seperti yang sudah dijelaskan di atas, terutama perbedaan pada kloaka, bentuk tubuh dan kepala, serta dari letak matanya.

Semoga dari sedikit pembahasan di atas, anda tidak lagi salah dalam memilih dan menentukan kenari yang akan Anda pelihara. Salam

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*