Berikut, Beberapa Daftar Rekor Sungai-Sungai Yang Ada Di Dunia

Beberapa Daftar Rekor Untuk Sungai-Sungai Yang Ada Di Dunia
Beberapa Daftar Rekor Untuk Sungai-Sungai Yang Ada Di Dunia

klikbandar88 – Ada ratusan sungai di dunia. Ada yang luar biasa panjangnya atau luarbiasa lebarnya, yang lain populer karena panorama atau warnanya … Ini adalah daftar sungai yang juara dalam kategori mereka seperti yang dikutip dari beritasegar.com

1. Sungai Terdalam di Dunia – Sungai Kongo

Sungai Kongo adalah sebuah sungai di Afrika, dan merupakan sungai terdalam di dunia, dengan kedalaman lebih dari 230 m (750 kaki). Ini adalah sungai terbesar ketiga di dunia dalam ukuran volume air, meskipun hanya memiliki seperlima volume sungai terbesar di dunia, Amazon. Selain itu, panjang keseluruhannya adalah 4.700 km (2.920 mil) membuat sungai ini sungai terpanjang kesembilan.

2. Sungai Terpanjang di sebuah Pulau – Sungai Kapuas

Sungai Kapuas (terletak di Pulau Kalimantan) adalah sungai terpanjang di seluruh Indonesia, membentang hingga 1,143 km (710 mil) yang menghubungkan Pontianak ke Sanggau serta Sintang dan Kapuas Hulu. Sungai ini juga sungai di sebuah pulau yang terpanjang di dunia, sedikit lebih panjang dari Sungai Sepik (1.126 km atau 700 mil), sungai terpanjang di Pulau Nugini. Sungai Kapuas berawal di pegunungan Kapuas Hulu dekat perbatasan dengan Sarawak, Malaysia, dan mengalir ke barat. Bermuara di Laut Cina Selatan sekitar 20 km sebelah selatan dari kota Pontianak. Sungai itu mengaliri wilayah Danau Sentarum yang luas, yang merupakan reservasi lahan basah dan danau air tawar.

3. Sungai Terpendek di Dunia – Sungai Roe

Dengan panjang 61 meter (200 ft), sungai Roe adalah sebuah sungai yang aneh. Sungai ini diakui oleh Guinness Book of Records sebagai sungai terpendek di dunia. Ini adalah sungai yang mengalir antara Giant Springs dan Sungai Missouri di Great Falls, Montana, Amerika Serikat. Sejak tahun 2006, Guinness Book of Records tidak mencantumkan kategori sungai terpendek lagi.

4. Sungai Paling Berwarna di Dunia – Cano Cristales

Cano Cristales adalah sungai Kolombia terletak di Serranía de la Macarena, provinsi Meta. Sungai ini biasa disebut “Sungai Lima Warna”, “The Rainbow Liquid” atau bahkan “Sungai Terindah di Dunia” karena ganggang yang menghasilkan warna warna, seperti merah, kuning, hijau dan biru di bagian bawah sungai memberikan penampilan yang unik.

6. Sungai Terkotor di Dunia – Sungai Citarum

Sungai Citarum adalah sungai aneh berlokasi di Jawa Barat, Indonesia. Hal ini dianggap sebagai sungai terkotor di dunia. Walungan Citarum, nama lokal, memiliki peran penting dalam kehidupan penduduk lokal. Sungai ini penting bagi perekonomian dan agrikultur, tetapi sungai ini sangat tercemar oleh aktivitas manusia. Ada sekitar 5 juta orang yang tinggal di lembah sungai. Dana senilai $ 500 juta dari pinjaman telah diberikan oleh bank terkemuka untuk pembersihan Sungai Citarum yang sangat tercemar.

5. Sungai Besar tertinggi di Dunia – Yarlung Zangbo
Sungai Yarlung Tsangpo adalah sungai besar tertinggi di dunia. Anak sungai terpanjang adalah Sungai Nyang. Di Tibet, sungai ini mengalir melalui lembah Tibet Selatan, dengan panjang sekitar 1200 km (745 mil) km dan lebar 300 (185 mil). Penurunan Lembah dari 4,500 m (14,750 kaki) di atas permukaan laut ke 3000 meter (9,850 kaki).

7. Sungai Terlebar di Dunia – Rio de la Plata

Banyak orang percaya bahwa Amazon adalah sungai terlebar di dunia, yang tidak benar sama sekali. Amazon pada dasarnya adalah sungai terbesar di dunia, karena panjangnya 6.400 km (4.000 mil) – yang juga membuat sungai amazon menjadi sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai Nil di Afrika.

Sungai terlebar di dunia adalah sungai di Amerika Selatan, yaitu sungai – Rio de la Plata, yang memiliki lebar maksimum 140 mil (225 km). Rio de la Plata terbentuk sebagai hasil dari pertemuan dua sungai – Sungai Uruguay dan Sungai Paraná di Amerika Selatan. Meski merupakan sebuah sungai, Rio de la Plata berperilaku lebih seperti muara yang biasanya ditandai dengan campuran air tawar dan air laut.

8. Sungai Terpanjang di Dunia – Nil

Sungai Nil di Afrika, adalah sungai terpanjang di Bumi. Sungai Nil mengalir sepanjang 6,650 km atau 4,132 mil dan mengalir melalui sembilan negara: Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan dan tentu saja Mesir. Sungai Nil memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan, peradaban dan sejarah bangsa Mesir sejak ribuan tahun yang lalu.

Salah satu peran penting dari Nil adalah kemampuannya untuk menghasilkan tanah yang subur sebagai akibat dari sedimentasi di sepanjang aliran sungai. Dengan adanya tanah subur ini menjadikan penduduk Mesir dapat mengembangkan pertanian dan peradaban Mesir berkembang sejak ribuan tahun lalu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*