Berikut Bukti Semut Itu Ternyata Lebih Cerdas Dari Manusia

Berikut Bukti Semut Itu Ternyata Lebih Cerdas Dari Manusia
Berikut Bukti Semut Itu Ternyata Lebih Cerdas Dari Manusia

Semut merupakan binatang yang kerap kita temui sehari hari. Saking banyaknya, keberadaan semut ini terjadang menganggu. Makanan kita yang manis manis seringkali terbuang dan tidak bisa dimakan lagi akibat dikerubuti semut. Kalau sampai kulit kita tergigit pun rasanya sungguh menyiksa. Tidak berbahaya sih, tapi rasa gatalnya sering membuat kita tak bisa berhenti menggaruk sehingga terjadi luka. Terutama jika yang digigit adalah badan anak anak.

1. Semut Tahu Pentingnya Menyingkirkan Teman Yang Jadi Zombie.

Ada satu spesies semut kayu di Amerika Selatan. Kadang semut jenis ini diinfeksi oleh jamur. Ketika jamur menginfeksi semut kayu, maka semua perilaku semut akan dikendalikan oleh jamur. Semut yang terinfeksi tersebut berubah menjadi zombie. Si jamur mengendalikan semut untuk memanjat ke pohon yang tinggi sehingga jamur bisa berkembang biak meletakkan spora di pucuk daun pohon tinggi. Semut yang terinfeksi tentu saja tak akan bisa berguna lagi untuk koloninya.

Semut semut yang masih sehat ternyata bisa membedakan mana semut temannya yang sudah terinfeksi dan mana yang belum. Untuk mencegah tersebarnya infeksi jamur, maka semut sehat akan menangkap semut yang sudah terinfeksi membawanya pergi dan menghancurkan tubuhnya di tempat yang jauh. Dengan begitu semut lain aman dari infeksi. Semut kayu asal Amerika Selatan ini juga mampu mengatur strategi yang agak licik. Semut semut yang sudah tua, dikirim ke luar sarang untuk melakukan tugas tugas berbahaya. Sementara semut yang masih potensial dandianggap penting di tugasnya di dalam sarang untuk menjaga bayi bayi semut. Kasihan semut semut tuanya ya. Yang terinfeksi juga kasihan. Bukannya diobati malah di ajak pergi terus di bunuh.

2. Semut Raspberry Yang Tertarik Dan Menghancurkan Kabel Kabel Listrik.

Semut raspberry atau dikenal dengan semut gila. pertamanya mereka berasal dari pulau Cristmast. Entah dengan cara apa mereka kemudian menyebar hingga ke australia dan amerika. Pertumbuhan koloni mereka cepat. Persebaran mereka juga cepat sehingga salah satu agli pengendali serangga Tom raspberry fokus untuk meneliti jenis semut ini.

Gigirtan mereka memang tak berbahaya, namun pertumbuhan mereka yang cepat seringkali membuat struktur banunan tertentu rusak dengan cepat. Mereka menggerogoti bagian bangunan tertentu. Membuat rumah di rongga rongga bangunan dengan menyisakan sisa sisa tubuh semut mati yang menggunung. Benda yang menjadi favorit serangan mereka adalah kabel kabel listrik. Jika sudah diserbu oleh semut raspberry ini beberapa alat elektronik akan rusak karena kabelnya terkelupas. Bagaimana mungkin semut bisa mengidentifikasi dan menyerang kabel kanel ya. Oleh karena ganasnya daya rusak mereka ini, semut raspbery disebut semut gila.

3. Beberapa Jenis Semut Melakukan Praktek Perbudakan.

Perbudakan di dunia manusia sudah dilarang secara legal. Tapi siapa sangka ternyata semut juga mempraktekkan perilaku perbudakan ini. ada satu spesies semut yang rahangnya erlalu besar. Mereka cocoknya berperang dengan spesies semut lain sampai sampai tidak bisa makan sendiri.

Oleh karena tidak bisa makan sendiri ini mereka memperkerjakan budak budak sebagai pelayan. Caranya, mereka menyerang koloni semut jenis lain kemudian mencuri telur telurnya. Telur telur ini kemudian akan di bawa pulang ke sarang mereka. telur telur tersebut dirawat hingga menetas. Setelah menetas, semut dari spesies lain tersebut di jadikan budak untuk memberi makan mereka mereka pemilik koloni asli. Cerdik tapi jahat bukan.

4. Semut Mampu Membuat Bobby Trap.

Apa sih boby trap itu. Boby trap adalah semacam jebakan yang dibuat untuk memperangkap mangsanya. Bentuknya bisa bermacam macam. Bisa tanah di lubangi kemudian lubang tersebut di tutup dengan daun. Ketika ada yang lewat diatas daun, maka ia akan terperangkap di lubang yang telah disiapkan. Semut rupanya bisa membuat boby trap ini.

Untuk menangkap serangga yang lebih besar, semut akan menyiap kan lubang dan menutupnya dengan dedaunan. Begitu ada serangga yang lewat diatas daun, maka ia akan terjatuh ke dalamlubang. Semut yang telah siaga kemudian menyergak dan beramai ramai memegangi serangga supaya tidak bisa lari dari dalam lubang. Sementara sebagian memegangi, sebagian lagi menyengat dan memotong motong mangsa tersenut. Dengfa nboby trap ini, serangga yang jadi sasaran lebih mudah di lumphkan. Untung kita bukan mangsa incaran semut ya.

5. Semut Mampu Melumpuhkan Rusa.

Dibandingkan dengan rusa, tentu ukuran semut sangat kecil. Namun siapa sangka ternyata ada spesies semut yang mampu melumpuhkan rusa. Semut tersebut adalah semut api. Semut api terkenal bisa bergerak dengan cepat. Tak hanya bergerak dalam arah mendatar, ketika memanjat permukaan vertikal pun gerakan mereka sangat cepat. Jika kita sampai menginjak sarang semut api ini, sudah di pastikan celana kita langsung di penuhi oleh mereka.

Gigitan semut api ini terkenal sakit. terkadang korban gigitan semut ini juga sampai meninggal atau kritis. Minimal mengalami shock berat kalau gigitannya banyak. kalau manusia digigit kita masih bisa melakukan langkah antisipasi. Namun kalau yang didigit binatang, kemungkina besar mereka akan tewas. Karena banyaknya populasi semut mereah ini populasi rusa serta burung burung di habitat semut menjadi terancam. Manusia sudag berusaha ikut campur dalam mengurangi ganasnya semut api ini terhadap hewan lain tapi sia sia. Jumlah mereka terlalu banyak. begitu rusa menginjak sarang, beberapa semut akan langsung menggigit. Rusa yang syok kemudian akan semakin lemah dan tidak bisa lari. Semakin rusa diam, makin banyajk pula semut lain yang menyerang. Dan akhirnya semut pun melumpugkan binatang yang besarnya ribuan kali dari ukuran tubuhnya sendiri.

6. Semut Ternyata Bisa Bercocok Tanam.

Dulunya dalam mencari makan, manusia itu juga berburu dan mengumpulkan makanan makanan. seperti semut. Karena kemampuan otak kita semakin meningkat, manusia pun mulai bercocok tanam. Memperoleh makanan dengan menanam dan menternakkan hewan. Ternyata kemampuan menanam makanan ini bukan hanya dimiliki oleh manusia saja lho. Semut juga bisa.

Semut yang pandai bercocok tanam tersebut adalah semut pemotong daun. Mereka tidak memakan daun tapi rajin mengumpulkan daun dan membawanya ke sarang. Ternyata dari dedaunan dedaunan yang di bawa ke sarang tersebut akan tumbuh jamur. Nah jamur jamur inilah yang di panen ileh semut semut untuk dijadikan makanan. cukup pintar bukan semut semut ini. tapi tunggu dulu, mereka kadang membuat sarang di sela sela perabot milik manusia.ketika mereka menimbun dedauna berjamur seperti ini, tentu saja perabut perabot kita ikut jamuran dan mudah rusak. Pintar tapi merusak, pantas saja banyak orang geram dan menyewa pembasmi serangga khusus untuk mengenyahkan semut semut dari rumah mereka.

Dari informasi diatas, terlihat kan bahwa semut itu ternyata cerdas, kompak namun juga bisa jadi jahat kalau dilihat dari sudut pandang kepentingan manusia. Mau tidak mau jika kehadirannya menganggu, maka semut tersebut harus kita usir. Kalau tak bisa juga, maka semut boleh di bunuh asal tidak dengan di bakar atau di siram air panas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*