Neraca perdagangan RI Juni 2017 diperkirakan surplus USD 1,4 miliar

Neraca perdagangan RI Juni 2017 diperkirakan surplus USD 1,4 miliar

Neraca perdagangan RI Juni 2017 diperkirakan surplus USD 1,4 miliar

 

Klikbandar88 – Bank Indonesia memperkirakan neraca perdagangan Indonesia pada Juni 2017 akan mengalami surplus yang cukup tinggi, yakni USD 1,4 miliar. Sektor non migas masih menjadi pendorong utama surplus neraca perdagangan.

“Dari data sementara yang kita kumpulkan, perkirakan kami menunjukan di Juni itu surplus neraca perdagangan akan menjadi 1,4 miliar USD. Ini naik cukup tinggi,” ungkap Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, di Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (14/7).

Sementara, sektor migas mengalami defisit hingga USD 500 juta. Sedangkan, sektor non migas mengalami surplus hingga USD 1,9 miliar.

“Karena ada defisit USD 500-600 juta di migas makanya netnya, neraca perdagangan totalnya masih surplus USD 1,4 miliar,” katanya.

Menurut Perry, keadaan ini menunjukkan bahwa faktor-faktor eksternal masih menjadi penunjang bagi pertumbuhan ekonomi di Triwulan II-2017.

“Memang sebagian besar komoditasnya adalah komoditas sumber daya alam batu bara, nikel, kopi, karet, kelapa sawit, tapi kita lihat juga produk kimia, alas kaki, kertas, mesin, dan alat elektronik juga alami, ini juga daya dukung ekonomi kita dari sektor eksternal,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*