Yahoo! Diakuisisi Verizon, Marissa Mayer Resign

Yahoo! secara resmi telah diakuisisi oleh Verizon. Setelah persetujuan pemegang saham Yahoo! pekan lalu, Verizon hari ini mengumumkan bahwa pihaknya akhirnya menutup akuisisi Yahoo!, seperti dilansir TechCrunch, Rabu (14/6/2017). Yahoo! rencananya akan digabung dengan asetnya AOL, menjadi anak perusahaan yang bernama Oath, yang dipimpin oleh CEO AOL, Tim Amstrong. Oath akan mencakup sekitar 50 merek media termasuk TechCrunch, HuffPost dan Tumblr, serta satu miliar pengguna seluruh dunia.

Seperti dinyatakan sebelumnya, CEO Yahoo!, Marissa Mayer resmi mengundurkan diri (resign). “Mengingat perubahan yang melekat pada peran Marissa Mayer dengan Yahoo! akibat penutupan transaksi tersebut, Mayer telah memilih untuk mengundurkan diri dari Yahoo!. Verizon berharap Mayer sukses di masa depannya,” ungkap Verizon dalam sebuah pernyataan.

Kesepakatan antara Yahoo! dengan Verizon telah membuat perusahaan yang lekat dengan ikonnya dan salah satu merek internet tertua mengakhiri dirinya sebagai perusahaan independen. Penjualan Yahoo! menjadi tanda lain dari konsolidasi besar yang terus terjasi di dunia media online dan konten. “Berakhirnya transaksi ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan skala global yang dibutuhkan oleh perusahaan digital kami,” kata Marni Walden presiden Verizon untuk Media dan Telematika.

Sempat dikabarkan sebelumnya bahwa gabungan Yahoo! dan AOL (Oath) akan mengakibatkan pemangkasan jumlah karyawan hingga 15%. Sayangnya, meski akuisisi telah ditutup, tak ada pernyataan resmi dari perusahaan itu. Verizon juga tak mengungkap siapa saja jajaran petinggi Yahoo! yang memutuskan hengkang seperti Mayer. Namun, seperti dilansir TechCrunch Maynard Webb Jr, juga telah mengundurkan diri dari dewan Yahoo!.

Disisi lain, Tim Amstrong yang akan memimpin Oath menyambut positif penutupan akuisisi Yahoo!. “Setelah kesepakatan ditutup, kami sangat antusias untuk fokus menjadi perusahaan terbaik untuk media konsumen, dan mitra terbaik untuk mitra iklan, konten dan penerbit kami,” katanya.

Curhatan Marissa Mayer, Pamit dari Yahoo!

Mayer berpamitan kepada perusahaan yang dipimpinnya itu dalam sebuah e-mail. Tak hanya berpamitan, Mayer juga bernostalgia atas apa yang ia capai selama memimpin bisnis Yahoo!. Dikutip dari akun Tumblr pribadi CEO Yahoo! tersebut, Rabu (14/6/2017), berikut isi curhatan Marissa Mayer.

“323 hari yang lalu, kami mengumumkan bahwa Verizon akan mengakuisisi bisnis operasi Yahoo!. Hari ini saya dapat mengumumkan bahwa transaksi telah ditutup secara resmi. Saat mencapai momen ini tentu perjalanan panjang telah ditempuh, ini menandai berakhirnya era Yahoo! dan juga awal babak baru, inilah saat yang emosional bagi kita semua,” tulis Mayer.

Ia menegaskan bahwa dirinya resign dari Yahoo! meski masih dinaungi nostalgia bersama perusahaan yang sempat dipimpinnya.

“Mengingat perubahan yang lekat dengan peran saya, saya akan meninggalkan perusahaan. Namun saya ingin kalian semua tahu bahwa saya penuh dengan nostalgia, rasa syukur, dan optimis. Merupakan kehormatan terbesar bagi saya untuk menjadi tim ini selama 5 tahun terakhir. Kami bersama-sama telah membangun kembali, menemukan kembali, memperkuat, dan memodernisasi produk, bisnis, dan berusahaan kami,” paparnya.

Mayer menyatakan bahwa saai ia memimpin banyak tantangan yang dihadapinya beserta timnya. Namun ia menilai bahwa timnya luar biasa hingga mampu membuat Yahoo! lebih baik, hingga mencatat prestasi yang Mayer cantumkan dalam e-mail perpisahannya. Dalam kutipan terakhirnya, ia mengungkapkan terima kasih kepada pendiri Yahoo!, David Filo dan Jerry Yang. Ia bahkan menyatakan akan tetap mengagumi keduanya berkat keberhasilan mereka mendirikan Yahoo! sebagai perusahaan yang istimewa.

“Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pendiri kami, Filo dan Jerry. Setiap impian pengusaha paling liar adalah mengubah dunia dengan gagasan mereka, dan Anda telah melakukan hal itu. Anda telah mengilhami kita semua dengan kecemerlangan, nilai, dan gairah Anda, dan saya akan selalu kagum akan Anda dan saya akan selamanya menjadi penggemar terbesar Anda :-),” kata Mayer.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*